Kehadiran TV AQUOS 8K Menandai Kemunculan Ekosistem 8K Sharp

Kehebatannya dalam menghadirkan AQUOS 8K Series terbaru yang diklaim sebagai TV 8K pertama di dunia, memang telah mengejutkan banyak pihak terutama para pesaing utama. Dan berkat kehebatannya itulah tak salah kiranya kalau banyak kalangan masih menganggap Sharp layak sebagai salah satu produsen TV paling potensial saat ini.

Seperti apa yang disampaikan Sharp dalam kutipan siaran persnya, 8K adalah teknologi revolusioner untuk gambar ultra-high-definition dengan 16 kali resolusi full-HD yang tidak bisa diekspresikan dengan gambar 4K. Dan teknologi ini konon sanggup menghasilkan tampilan gambar pada realitas tertinggi, dengan detail yang sangat halus yang bahkan mata telanjang pun tidak dapat mengabadikannya. Selain menampilkan siaran TV dan konten media lainnya, teknologi 8K ini akan secara dramatis mempengaruhi banyak aspek kehidupan yang ada, terutama dapat membantu mereka yang bergerak di bidang medis, apotik, bisnis, keamanan, periklanan, banner, dan lain sebagainya.

Sharp sendiri kabarnya telah memimpin industri perangkat TV dengan merilis produk terkait 8K di Jepang. Pada bulan Oktober 2015 yang lalu saja, setidaknya Sharp telah merilis monitor 8K berukuran 85 inci yang menggunakan panel LCD 8K, dan receiver satelit digital wideband canggih yang kompatibel dengan siaran ultra-tinggi-definisi (UHD) 8K pada tahun 2016, diikuti pada bulan Juni 2017 dengan diluncurkannya monitor 8K berukuran 70 inci.

Tak hanya rasio kontras dan spesifikasi keras lainnya, tag harga resminyapun sayangnya belum diungkap oleh Sharp sejauh ini. Namun apabila merujuk dari apa yang dilansir oleh Nikkei Asian Review, TV Aquos 8K 70 inci yang bakal segera dipasarkan Sharp kabarnya dibanderol sekitar $ 9.000 (± 120 jutaan rupiah) per unitnya.

Sejauh ini Sharp tampaknya sangat berhasrat memanjakan konsumen setianya di seluruh dunia untuk merasakan sensasi teknologi revolusionernya tersebut. Dan dalam waktu dekat ini kabarnya Sharp bakal segera merilis TV 8K pertamanya di China pada bulan Oktober 2017 dan diikuti untuk pasaran Jepang pada bulan Desember 2017. Sedangkan untuk display 8K pertamanya sendiri baru akan dirilis di Taiwan pada bulan Februari 2018 dan menyusul Eropa pada bulan Maret 2018 yang akan datang.

Dan bahkan demi melengkapi TV 8K-nya tersebut, Sharp kabarnya juga berencana mempercepat pengembangan receiver siaran 8K, kamera 8K, dan produk 8K lainnya. Semua ini dilakukan Sharp sebagai langkah awal untuk memimpin dunia dengan membangun Ekosistem 8K terintegrasi yang merupakan strategi jangka menengah utamanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *